Rabu, 12 Maret 2008

PENGANTAR AD/ART IKA UM

AD/ART IKA UM yang dimuat dalam situs ini adalah Anggaran Dasar dan Rumah Tangga hasil Musyawarah Nasional IKA UM yang diselenggarakan pada tanggal 6 Juni 2007. AD/ART tersebut merupakan perubahan AD/ART IKIP MALANG mengikuti perubahan kelembagaan dari IKIP MALANG menjadi Universitas Negeri Malang (UM).
AD/ART IKA UM tersebut dapat dibaca secara lengkap pada halaman berikut.


KATA PENGANTAR

Sebagai lembaga pendidikan yang sudah berusia lebih dari setengah abad, saat ini UM mempunyai banyak alumni dari berbagai jurusan yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Mereka terdiri dari berbagai macam profesi. Sebagian bahkan menduduki posisi strategis di sejumlah lembaga di berbagai tempat di Indonesia. Kalau saja semua alumni tersebut bisa dihimpun dalam satu wadah dan diberdayakan dengan maksimal, jelas ini adalah suatu potensi yang luar biasa yang akan bermanfaat baik bagi individu alumni, UM, masyarakat, maupun negara.
Hal mendasar yang harus ada supaya alumni UM bisa berbuat sesuatu yang berarti adalah wadah di mana alumni UM yang berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia tersebut bisa berhimpun. Wadah ini adalah Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM).
Untuk mengkoordinasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan IKA UM, diharapkan semua fakultas/jurusan di lingkungan UM mempunyai kepengurusan IKA fakultas/jurusan. Bersama dengan PP IKA UM, pengurus IKA fakultas/jurusan ini nantinya akan menjadi koordinator dari semua pengurus wilayah IKA UM yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya secara bertahap diharapkan agar daerah-daerah yang potensial di seluruh Indonesia mempunyai kepengurusan wilayah IKA UM. Dengan koordinasi dengan Pengurus Pusat IKA UM serta kerjasama yang harmonis dengan pengurus IKA fakultas/jurusan yang ada di kampus UM, insyaallah pengurus wilayah yang ada di berbagai daerah di Indonesia bisa merancang dan melaksanakan berbagai program yang bermanfaat bagi alumni, UM, masyarakat, bahkan negara.
Supaya program besar ini bisa terwujud dan terorganisasi dengan baik, Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (PP IKA UM) telah menyusun dan mengesahkan AD/ART 2007. Kami berharap AD/ART ini dijadikan pegangan bagi semua pihak yang terkait, yaitu para personalia di PP IKA UM, pengurus IKA fakultas/jurusan yang berada di kampus UM, maupun pengurus wilayah IKA UM yang ada di berbagai daerah di Indonesia agar semua kegiatan yang ditangani oleh PP IKA UM, pengurus IKA fakultas/jurusan, maupun oleh pengurus wilayah IKA UM di mana pun di Indonesia bisa selaras dan memberikan hasil yang maksimal.
Kami menyadari bahwa mengurus ikatan alumni bukanlah hal yang mudah. Namun dengan niatan bahwa ini adalah ibadah, insyaallah alumni yang mendapat amanat sebagai personalia PP IKA UM, pengurus IKA fakultas/jurusan yang berada di kampus UM, maupun pengurus wilayah IKA UM yang ada di berbagai daerah di Indonesia bisa mengembangkan IKA UM dengan maksimal yang nantinya akan memberikan manfaat yang besar kepada alumni, UM, masyarakat luas serta negara.
Selamat bekerja.



Ketua Umum


Drs. Murdibjono, M.A.